Jurnal Palapa - Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan



Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan diterbitkan oleh lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LP2M) STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat melalui Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV Surabaya. Jurnal yang terbit dua kali setahun, yaitu bulan Mei dan November, ini memuat kajian-kajian keislaman dan ilmu pendidikan yang meliputi pendidikan Islam, sains, ilmu sosial, pemikiran Islam,dan kajian Islam lainnya. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Bahasa yang digunakan dalam bentuk bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Alamat Redaksi: Jl. Palapa 01 Selebung kec. Keruak Lombok Timur Nusa Tenggara Barat telp/fax: 0376-2923923, Email:palapa.ejournal@yahoo.com.


Author Guidelines

A. Artikel yang dikirim ke redaksi Palapa harus mengikuti ketentuan-ketentuan teknis sebagai berikut:
  1. Artikel merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian ilmu keislaman dan pendidikan dalam ragam lingkup kajian ilmu-ilmu yang meliputi: a) Pendidikan Islam; b) Sains; c) Pemikiran Islam; d) Hukum Islam, dan kajian Islamic studies lain.
  2. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam berkala ilmiah lain atau buku bunga rampai.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku dengan spasi 1,5 cm pada kertas A4 dan dikirim dalam ke alamat email:palapa.ejournal@yahoo.com.
  4. Panjang tulisan adalah 20-25 halaman atau 7000 s.d 9000 kata. Artikel paling lambat diserahkan dua bulan sebelum jurnal diterbitkan.
  5. Menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword). Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik atau jabatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi, alamat email, dan atau nomor telpon seluler.
  6. Perujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memperhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam bunga rampai, artikel dalam jurnal, artikel dalam ensiklopedia, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah, surat kabar, dan lain-lain), skripsi, tesis, disertasi, maupun kitab suci. Sebagai contoh: Buku——Jamâl al-Bannâ, Tajdîd al-Islâm wa I‘âdat Ta’sîs Manzûmat al-Ma‘rifah al-Islâmîyah (Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2005).
B. Templet Artikel
Artikel dalam bentuk .DOC. (Microsoft Word), download DOC. Artikel dalam bentuk PDF, download PDF. Font pendukung download FONT Jurnal dan FONT Arabic
Baca juga CARA INSTAL FONT pendukung ke dalam sistem komputer.
C. Penulis bebas biaya
Artikel yang di submit tidak dipungut biaya.
D. Panduan Submit online
Berikut cara submit artikel melalui online, klik submission online.


Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

 

Copyright Notice

PUBLICATION ETHICS
Publication Ethics and Malpractice Statement
Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan versi online bermitra bestari yang diterbitkan dua kali setahun dalam bentuk cetak dan online oleh Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Wilayah IV Surabaya Indonesia. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, termasuk penulis, dewan penyunting, mitra bestari, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.
Aturan Plagiarisme
Untuk mevalidasi artikel yang masuk, tim redaksi mengroscek naskah tersebut pada google scholar dan juga menggunakan software plagiarism checker.
Pedoman Etik Penerbitan
Penerbitan artikel dalam Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan merupakan sebuah blok bangunan penting dalam perkembangan suatu jejaring pengetahuan yang koheren dan dihormati. Hal ini merupakan cerminan langsung dari kualitas kerja para penulis dan lembaga-lembaga yang mendukung mereka. Artikel-artikel yang direview mendukung dan mengandung metode ilmiah. Karena itu, penting untuk menyetujui standar-standar perilaku etis yang diharapkan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan, yaitu: penulis, penyunting jurnal, mitra bestari, penerbit, dan masyarakat.
Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Wilayah IV Surabaya sebagai penerbit bertanggungjawab mengawal seluruh tahap penerbitan secara sungguh-sungguh dan mengakui Ilmu Keislaman bertanggungjawab mengawal seluruh tahap penerbitan secara sungguh-sungguh dan mengakui tanggungjawab etik dan tanggungjawab lainnya. Lembaga selain berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan cetak ulang dan pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh terhadap keputusan editorial, juga berkomitmen untuk membantu komunikasi dengan pengelola jurnal dan/atau penerbit yang lain jika dipandang berguna dan diperlukan.
Keputusan Penerbitan
Penyunting Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan bertanggungjawab memutuskan mana dari artikel-artikel yang diserahkan harus diterbitkan. Validasi karya tersebut dan arti pentignya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para penyunting dapat dipandu oleh kebijakan dewan penyunting jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum sebagaimana yang harus ditegakkan menyangkut pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan penjiplakan (plagiarism). Penyunting dapat berunding dengan penyunting yang lain atau tim penilai dalam membuat keputusan ini.
Perlakuan yang Adil
Penyunting selalu menilai naskah berdasarkan kandungan intelektualnya tanpa membedakan ras, gender, orientasi seksual, keyakinan agama, asal usul etnik, kewarganegaraan atau filsafat politik para penulis.
Kerahasiaan
Para penyunting dan staf penyunting tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, penyunting ahli, mitra bestari, dan penerbit.
Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan
Bahan-bahan yang tidak diterbitkan yang diungkap dalam naskah yang diserahkan tidak boleh digunakan dalam riset penyunting sendiri tanpa persetujuan tertulis yang jelas dari penulis.
Kontribusi kepada Keputusan Editorial
Penilaian mitra bestari membantu penyunting dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis bisa juga membantu penulis menyempurnakan tulisannya.
Kecepatan
Setiap penilai yang dipilih yang merasa tidak memenuhi kualifikasi untuk menilai penelitian yang dilaporkan dalam suatu naskah atau mengetahui bahwa ulasan cepatnya akan tidak mungkin harus memberitahu kepada penyunting dan membebaskan dirinya dari proses penilaian.
Kerahasiaan
Setiap naskah yang diterima untuk dinilai harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Dokumen itu tidak boleh ditunjukkan atau dibahas dengan orang lain kecuali diberi wewenang oleh penyunting.
Standar Objektivitas
Penilaian harus dilakukan secara objektif. Kritik bersifat pribadi terhadap penulis tidak dibenarkan. Penilai harus menyatakan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung.
Pengakuan Sumber
Penilai harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan yang relevan yang tidak dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa suatu observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang penilai juga harus meminta penyunting untuk memperhatikan kemiripan atau tumpang tindih antara naskah yang dinilai dan tulisan lainnya yang telah diterbitkan.
Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan
Informasi atau pendapat rahasia yang diperoleh melalui penilaian mitra bestari harus disimpan rahasia dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi. Para penilai tidak boleh menimbang naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang berasal dari hubungan atau koneksi yang bersifat persaingan, kerja sama, atau lainnya dengan penulis manapun, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan tulisan.
Standar Pelaporan
Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari karya yang dibuat dan pembahasan yang objektif tentang signifikansinya. Data pokok harus direpresentasikan secara akurat dalam tulisan. Sebuah tulisan harus mencakup detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mengulangi karya itu. Pernyataan-pernyataan curang atau yang dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
Orisinalitas dan Penjiplakan
Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya-karya yang seluruhnya asli, dan bahwa mereka telah mengutip dengan benar jika menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain.
Penerbitan Ganda, Pengulangan atau Berbarengan
Seorang penulis secara umum tidak boleh menerbitkan naskah yang secara esensial menjelaskan penelitian yang sama dalam lebih dari satu jurnal atau penerbitan utama. Menyerahkan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.
Pengakuan Sumber
Pengakuan wajar terhadap karya orang lain harus selalu diberikan. Para penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.
Kepengarangan Tulisan
Kepengarangan harus dibatasi kepada mereka yang memberikan sumbangan penting kepada konsepsi, desain, eksekusi atau penafsiran kajian yang dilaporkan. Seluruh orang yang memberikan sumbangan penting harus dicantumkan sebagai penulis bersama (co-authors). Jika terdapat orang lain yang ikut serta dalam aspek-aspek penting tertentu dari projek penelitian, mereka harus diakui atau dicantumkan sebagai penyumbang (contiributors). Penulis yang tepat harus memastikan bahwa seluruh penulis bersama yang tepat dimasukkan dalam tulisan, dan bahwa seluruh penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi akhir dari tulisan dan telah menyepakati penyerahannya untuk penerbitan.
Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan
Seluruh penulis harus memberitahukan dalam naskah mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin diduga mempengaruhi hasil atau penafsiran naskah mereka. Seluruh dukungan keuangan untuk projek harus diberitahukan.
Kesalahan mendasar dalam karya-karya yang diterbitkan
Jika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang berarti dalam karya publikasinya, menjadi kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja sama dengan penyunting untuk menarik kembali atau membetulkan tulisan.

Privacy Statement

Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, jurnal ini tidak mengambil biaya apapun dari penulis.

0 Response to "Jurnal Palapa - Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan"

Posting Komentar