Profil STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat



Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Palapa Nusantara (PN) adalah sebuah lembaga penyelenggaraan pendidikan yang berdiri tanggal 20 april 2007 dengan prodi Pendidikan Agama Islam bernaung di bawah Kementrian Agama berdasarkan SK DIRJEN Pendidikan Islam dengan No SK Dj.I/177/2007. Palapa Nusantara adalah kampus pertama yang ada di Kabupaten Lombok Selatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang didirikan oleh Dr. H. L. Moh. Fahri, M.H. 


STIT PN adalah Pelopor Pengembangan PD Dikti dan EMIS Se-Nusa Tenggara Barat yang dibuktikan dengan penghargaan (award) dari Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IV dengan No SK Un.07/1/PP.00.9/1671/Kop.IV/2015.

Palapa Nusantara adalah salah satu pelopor eJournal terakreditasi Nasional di Nusa Tenggara Barat yang dibuktikan dengan penghargaan (award) dari Kementrian RISTEK DIKTI dengan peringkat ke 110  secara Nasional dengan nomor SK 21/E/KPT/2018. Jurnal Palapa juga telah terindeks secara Internasional oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). STIT PN memiliki 5 Jurnal yaitu ; Palapa, Fondatia, Islamika, Manazhim, dan as-Sabiqun. 

STIT PN memiliki 4 program studi S1 antara lain Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) yang TERAKREDITASI Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 2013 berdasarkan SK BAN-PT No 051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013. Program studi unggulan di kampus ini adalah prodi MPI dan PGRA, mengingat Lombok Timur kekurangan 4000 guru PNS khususnya guru Anak Usia Dini (AUD). Kalau kita lihat saat ini banyak guru AUD tidak memiliki kualifikasi PG AUD / RA, bahkan banyak juga yang masih lulusan SMA sehingga masih banyak kesempatan untuk berkarir sebagai guru di semua jenjang pendidikan.


Dengan adanya 4 (empat) program studi di STIT PN, terbukti STIT PN tidak mau ketinggalan dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat yang belum mengenyam pendidikan tinggi. Hal ini terbukti dengan telah diselenggarakannya Wisuda sebanyak 7 (tujuh) kali, yang mana lulusannya sebanyak 875 orang telah diserap oleh lapangan kerja dan diantaranya banyak yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan telah sertifikasi. STIT PN akan terus berupaya untuk meningkatkan prestasi akademiknya agar mampu bersaing dikancah Nasional.


STIT PN memiliki 65 tenaga pengajar atau dosen dari jenjang S3 dan S2 (minimal S2) yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta  ternama di kota-kota besar seperti Mataram, Bali, Solo, Jogja, Malang, Makasar, Jakarta dan bahkan ada juga lulusan dari Luar Negeri, 15 dosen diantaranya telah tersertifikasi sehingga memiliki peluang untuk menciptakan lulusan yang profesional.

Palapa Nusantara memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) antara lain Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Komputer, Fotografi, Mapala, Seni Teater, Pramuka, Paduan Suara, dan UKM ini akan terus bertambah sesuai permintaan dari mahasiswa. UKM merupakan solusi untuk mengembangkan skill bahasa internasional dan IPTEK untuk menjawab tantangan yang semakin hari semakin kompetitif. Persaingannya bukan hanya pada level Nasional tapi sudah masuk kawasan ASEAN, sehingga diharapkan mahasiswa STIT PN sudah SIAP.

Ijin Operasional           :   20 April 2007
Nomor SK BAN-PT     :   051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013
Alamat                        :   Jln Palapa No. 01 Selebung Ketangga, Lombok Timur NTB
Telp/Fax                      :  0376-2923923
Email                          :   stit.panu@gmail.com
Website                      :   www.stitpn.ac.id


Pimpinan STIT Palapa Nusantara :

                                Ketua       :    Dr. H. L. Moh. Fahri, M.H.
                                PuKet 1    :    Lalu A. Hery Qusyairi, S.Pd.Si., M.Pd.
                                PuKet 2    :    H. Ahmad Jalaluddin, S.H., S.Pd., M.Pd.
                                PuKet 3    :    Hasan Mahsad, S.T., M.Pd.

VISI STIT PN:

 "MENGINTEGRASIKAN BUDAYA ISLAM KEILMUAN, KEMANUSIAAN DAN KEINDONESIAAAN"


MISI STIT PN:

  • Melakukan pengembangan keilmuan berdasarkan al-Qur'an dan al-Hadits dan menafikan dikotomi antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu umum.
  • Memberikan landasan moral terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mengartikulasikan ilmu-ilmu agama secara profesional ke dalam kehidupan bermasyarakat sehingga tidak ada jarak antara norma agama dan norma adat.
  • Menciptakan budaya yang islami.
  • Memberikan kontribusi terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
  • Ikut serta dalam menciptakan perdamaian dan kesejahteraan umat manusia.
  • Memelihara hubungan harmonis secara agama, negara dan masyarakat.


JOB MARKET JURUSAN:

1. Pendidikan Agama Islam (PAI):
    a. Guru pendidikan agama islam
    b. Peneliti pendidikan dan sosial keagamaan
    c. Pengamat pendidikan dan sosial keagamaan 
2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI):
    a. Guru sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah
    b. Peneliti pendidikan dasar dan umum
    c. Pengamat pendidikan dan sosial keagamaan
3. Manajemen Pendidikan Islam (MPI):
    a. Administrator pada sekolah / madrasah
    b. Administrator pada perusahaan
    c. Administrator pada perpustakaan sekolah dan umum
    d. Peneliti administrasi pendidikan islam
4. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA):
    a. Gurun pada AUD / RA
    b. Peneliti pendidikan anak usia dini
    c. Pengamat pendidikan dan sosial keagamaan


MENGAPA MEMILIH KAMPUS  PALAPA NUSANTARA?: 

  1. Lokasi kampus yang sangat strategis dan menjadi kampus terbaik di "Kabupaten Lombok Selatan". 
  2. Tersedia sarana dan prasarana yang representatif bagi proses pendidikan seperti gedung perkuliahan, jaringan wifi, perkantoran, kantin, dan mushola.
  3. Infrastruktur yang setiap tahunnya berkembang. 
  4. Pengajar/dosen dari jenjang S3 dan S2 (Minimal S2) sehingga memiliki peluang untuk menciptakan lulusan yang profesional. 
  5.  Mahasiswa/mahasiswi yang terus meningkat setiap tahunnya. 
  6. Biaya kuliah yang murah tetapi tidak murahan karena kami memiliki dosen yang kompeten. SPP mulai dari Rp. 650.000 dan diberikan kemudahan untuk diangsur sehingga sangat sesuai untuk semua kalangan. 
  7. Program beasiswa yang bermanfaat bagi sebagian mahasiswa 
  8. Memiliki organisasi mahasiswa yang berkembang dinamis dan kreatif.
  9. Terakreditasi BAN PT
 
















0 Response to "Profil STIT Palapa Nusantara Lombok Nusa Tenggara Barat"

Posting Komentar